Saturday, July 8, 2017

Tips : Terobosan baru untuk meningkatkan minat membaca pada anak


Seputar Informasi - Minat membaca Masyarakat Indonesia,khususnya pada anak anak..masi tergolong sangat rendah. menurut data dari United Nations Educational,Scientific<and Cultural Organization atau lebih dikenal UNESCO..minat membaca survey anak indonesia hanya mencapai 0,01 persen..itu berarti dari 10.000 anak indonesia,hanya 1 orang yang senang membaca.

Salah satu penyebab rendahnya minat baca pada anak adalah kesulitan untuk mengakses atau mendapatkan buku..Adanya semangat membaca yang tinggi sekalipun menjadi tidak berguna jika tanpa adanya buku yang bisa dibaca.

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia mengaku kesulitan mengakses buku buku pelajaran,seperti masyarakat NTT (Nusa tenggara Timur) mengungkapkan bahwa perpustakaan di desanya hanya memiliki total 50 buku saja..itupun banyak yang tidak lengkap

Menurut Wilfridus,kebanyakan buku buku yang ad disana merupakan buku untuk pelajaran SMA dan dewasa..padahal anak anaklah yang sering berdatangan ke sana.


Disini peran orang tua sangat penting dalam menumbuhkan minat baca kepada anaknya..diperlukan contoh dan kontrol yang baik baik anak dalam membaca

Diharapkan jendela pengetahuan dan ispirasi anak pun akan terbuka lebar dengan adanya penyesuaian dengan usia dan ketertarikan anak dalam menumbuhkan minat baca mereka.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerbitkan kebijakan pengiriman buku ke seluruh penjuru tanah air secara gratis melalui PT POS Indonesia pada tanggal 17 setiap bulannya mengingat pentingnya membaca sebagai kebutuhan yang perlu mendapat perhatian khusus dan semua lapisan masyarakat dapat turut menyumbangkan buku buku yang sudah tidak terpakai

Kini masyarakat pun tak perlu lagi menunggu sebulan sekali untuk menyumbang buku yang ingin disumbang..bahkan perusahaan perbankan seperti BCA memliki gerakan BUkuUNtukIndonesia.

Sumbangan partisipasi dana dari masyarakat itu akan dibelikan buku..dan selanjutkan disumbangkan kesekolah sekolah negeri di hampir 60 daerah yang masi kekurangan buku.tujuannya tidak lain agak anak di indonesia memliki wawasan dan pengetahuan yang lebih baik lagi ke depannya dan memiliki kesempatan untuk meraih mimpinya.


No comments:

Post a Comment